Latihan Soal Matematika Kelas 2 SD Semester 1 (K13)

Latihan Soal Matematika Kelas 2 SD Semester 1 (K13)

Latihan Soal Matematika Kelas 2 SD Semester 1 (K13)

Pendahuluan

Matematika merupakan fondasi penting dalam pendidikan dasar. Pemahaman konsep matematika yang kuat di kelas 2 SD akan sangat membantu siswa dalam mempelajari materi yang lebih kompleks di jenjang pendidikan selanjutnya. Artikel ini menyediakan latihan soal matematika kelas 2 SD semester 1 berdasarkan Kurikulum 2013, yang meliputi berbagai topik seperti bilangan cacah, nilai tempat, penjumlahan, pengurangan, pengukuran panjang dan waktu, serta bangun datar. Latihan soal ini dirancang untuk membantu siswa memahami konsep-konsep dasar matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka.

I. Bilangan Cacah Sampai 500

  • Mengenal dan Membaca Bilangan Cacah

    • Sebutkan bilangan yang ditunjukkan oleh gambar kumpulan benda.
    • Baca bilangan berikut: 125, 289, 341, 406.
    • Tuliskan lambang bilangan dari: seratus tujuh puluh dua, dua ratus lima puluh, tiga ratus sembilan puluh sembilan, empat ratus tiga belas.
  • Menentukan Nilai Tempat

    • Tentukan nilai tempat dari angka yang digarisbawahi pada bilangan berikut: 234, 157, 389, 412.
    • Berapakah nilai angka 3 pada bilangan 345?
    • Bilangan 276 terdiri dari … ratusan, … puluhan, dan … satuan.
    • Uraikan bilangan 418 berdasarkan nilai tempatnya.
  • Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Cacah

    • Bandingkan bilangan berikut menggunakan tanda <, >, atau =: 123 … 132, 256 … 256, 301 … 299, 415 … 405.
    • Urutkan bilangan berikut dari yang terkecil hingga terbesar: 145, 128, 163, 109, 152.
    • Urutkan bilangan berikut dari yang terbesar hingga terkecil: 271, 294, 268, 285, 279.
    • Lengkapi urutan bilangan berikut: 112, 114, …, 118, …
    • Tentukan bilangan yang lebih besar dari 345 tetapi lebih kecil dari 350.

II. Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah

  • Penjumlahan Tanpa Menyimpan

    • Hitunglah: 123 + 45, 216 + 32, 304 + 51, 420 + 17.
    • Ibu membeli 112 buah apel dan 125 buah jeruk. Berapa jumlah buah yang dibeli Ibu?
    • Di kelas 2A terdapat 23 siswa, dan di kelas 2B terdapat 26 siswa. Berapa jumlah siswa di kedua kelas tersebut?
  • Penjumlahan Dengan Menyimpan

    • Hitunglah: 135 + 28, 247 + 16, 354 + 29, 462 + 18.
    • Ayah memetik 148 buah mangga pada hari pertama dan 136 buah mangga pada hari kedua. Berapa jumlah mangga yang dipetik Ayah selama dua hari?
    • Seorang pedagang menjual 255 buah pisang pada pagi hari dan 178 buah pisang pada siang hari. Berapa jumlah pisang yang dijual pedagang tersebut?
  • Pengurangan Tanpa Meminjam

    • Hitunglah: 156 – 23, 289 – 45, 347 – 16, 418 – 12.
    • Kakak memiliki 175 kelereng. Jika 32 kelereng diberikan kepada adik, berapa sisa kelereng Kakak?
    • Di sebuah kebun terdapat 248 pohon mangga. Jika 15 pohon ditebang, berapa sisa pohon mangga di kebun tersebut?
  • Pengurangan Dengan Meminjam

    • Hitunglah: 123 – 15, 216 – 18, 304 – 27, 420 – 14.
    • Ibu membuat 115 kue. Jika 27 kue dimakan oleh anak-anak, berapa sisa kue Ibu?
    • Sebuah toko memiliki 234 buku. Jika 46 buku terjual, berapa sisa buku di toko tersebut?
  • Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan

    • Andi memiliki 125 kelereng. Budi memiliki 34 kelereng lebih banyak dari Andi. Berapa jumlah kelereng Budi? Berapa jumlah kelereng mereka berdua?
    • Siti memiliki 230 permen. Ia memberikan 45 permen kepada adiknya dan 32 permen kepada temannya. Berapa sisa permen Siti?
    • Pak Ali memanen 345 buah jeruk. Sebanyak 123 buah jeruk dijual ke pasar, dan 56 buah jeruk diberikan kepada tetangga. Berapa sisa buah jeruk Pak Ali?

III. Pengukuran Panjang dan Waktu

  • Satuan Panjang (cm dan m)

    • Ukur panjang pensilmu menggunakan penggaris. Berapa cm panjang pensilmu?
    • Ukur panjang buku tulismu menggunakan penggaris. Berapa cm panjang buku tulismu?
    • Ukur tinggi meja belajarmu menggunakan meteran. Berapa m tinggi meja belajarmu?
    • 1 meter = … cm
    • 200 cm = … meter
    • Ubahlah 1 meter 50 cm menjadi satuan cm.
    • Ubahlah 325 cm menjadi satuan meter dan cm.
  • Alat Ukur Panjang

    • Sebutkan alat ukur panjang yang kamu ketahui.
    • Kapan kita menggunakan penggaris? Kapan kita menggunakan meteran?
    • Apa perbedaan antara penggaris dan meteran?
  • Satuan Waktu (Jam, Hari, Minggu, Bulan)

    • Pukul berapa kamu bangun tidur?
    • Pukul berapa kamu mulai belajar di sekolah?
    • Berapa jam dalam satu hari?
    • Berapa hari dalam satu minggu?
    • Berapa minggu dalam satu bulan?
    • Berapa hari dalam satu bulan? (rata-rata)
    • Tuliskan nama-nama hari dalam seminggu.
    • Tuliskan nama-nama bulan dalam setahun.
  • Membaca Jam Analog

    • Gambarkan jarum jam yang menunjukkan pukul 07.00.
    • Gambarkan jarum jam yang menunjukkan pukul 03.30.
    • Jika sekarang pukul 09.15, pukul berapakah 30 menit lagi?
    • Jika sekarang pukul 11.45, pukul berapakah 1 jam yang lalu?

IV. Bangun Datar

  • Mengenal Bangun Datar (Segitiga, Segi Empat, Lingkaran)

    • Sebutkan contoh benda di sekitarmu yang berbentuk segitiga.
    • Sebutkan contoh benda di sekitarmu yang berbentuk segi empat.
    • Sebutkan contoh benda di sekitarmu yang berbentuk lingkaran.
    • Gambarkan bentuk segitiga, segi empat, dan lingkaran.
    • Apa perbedaan antara segitiga dan segi empat?
    • Apa perbedaan antara segi empat dan lingkaran?
  • Sifat-Sifat Bangun Datar Sederhana

    • Berapa jumlah sisi pada segitiga?
    • Berapa jumlah sisi pada segi empat?
    • Apakah lingkaran memiliki sisi?
    • Apa yang dimaksud dengan sudut?
    • Apakah segitiga memiliki sudut?
    • Apakah segi empat memiliki sudut?
  • Mengelompokkan Bangun Datar

    • Kelompokkan bangun datar berikut berdasarkan bentuknya: (gambar berbagai bangun datar)
    • Berikan contoh bangun datar yang memiliki empat sisi sama panjang.
    • Berikan contoh bangun datar yang memiliki dua sisi panjang dan dua sisi pendek.

Kesimpulan

Latihan soal matematika kelas 2 SD semester 1 Kurikulum 2013 ini mencakup berbagai topik penting yang perlu dikuasai oleh siswa. Dengan berlatih secara teratur, siswa akan semakin memahami konsep-konsep dasar matematika dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka. Orang tua dan guru diharapkan dapat menggunakan latihan soal ini sebagai bahan ajar dan evaluasi untuk membantu siswa mencapai hasil belajar yang optimal. Penting untuk diingat bahwa pemahaman konsep adalah kunci utama, bukan hanya menghafal rumus. Dorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan setiap soal. Selamat belajar!

Latihan Soal Matematika Kelas 2 SD Semester 1 (K13)

admin
https://stainurulfalah.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *