Contoh Soal Pengurangan Matematika Kelas 3 SD dan Pembahasannya

Contoh Soal Pengurangan Matematika Kelas 3 SD dan Pembahasannya

Contoh Soal Pengurangan Matematika Kelas 3 SD dan Pembahasannya

Pendahuluan

Matematika merupakan mata pelajaran penting yang membangun kemampuan berpikir logis dan analitis. Salah satu konsep dasar dalam matematika adalah pengurangan. Pengurangan adalah operasi aritmatika yang digunakan untuk mencari selisih antara dua bilangan. Pada kelas 3 SD, siswa mulai diperkenalkan dengan konsep pengurangan dengan bilangan yang lebih besar dan melibatkan teknik meminjam. Artikel ini akan menyajikan berbagai contoh soal pengurangan matematika kelas 3 SD beserta pembahasan lengkapnya, bertujuan untuk membantu siswa memahami konsep ini dengan lebih baik dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan soal-soal pengurangan.

I. Pengurangan Bilangan Dua Angka Tanpa Meminjam

Contoh Soal Pengurangan Matematika Kelas 3 SD dan Pembahasannya

Pengurangan tanpa meminjam adalah jenis pengurangan yang paling sederhana. Pada jenis ini, angka pada setiap kolom (satuan dan puluhan) pada bilangan yang dikurangi (minuend) lebih besar atau sama dengan angka pada bilangan pengurang (subtrahend).

  • Contoh Soal 1:

    38 – 12 = …

    Pembahasan:

    • Kurangkan angka satuan: 8 – 2 = 6
    • Kurangkan angka puluhan: 3 – 1 = 2

    Jadi, 38 – 12 = 26

  • Contoh Soal 2:

    57 – 34 = …

    Pembahasan:

    • Kurangkan angka satuan: 7 – 4 = 3
    • Kurangkan angka puluhan: 5 – 3 = 2

    Jadi, 57 – 34 = 23

  • Contoh Soal 3:

    99 – 65 = …

    Pembahasan:

    • Kurangkan angka satuan: 9 – 5 = 4
    • Kurangkan angka puluhan: 9 – 6 = 3

    Jadi, 99 – 65 = 34

II. Pengurangan Bilangan Dua Angka dengan Meminjam

Pengurangan dengan meminjam terjadi ketika angka pada kolom satuan bilangan yang dikurangi (minuend) lebih kecil dari angka pada kolom satuan bilangan pengurang (subtrahend). Dalam hal ini, kita perlu "meminjam" 1 puluhan dari kolom puluhan.

  • Contoh Soal 1:

    42 – 18 = …

    Pembahasan:

    • Angka satuan pada 42 adalah 2, dan angka satuan pada 18 adalah 8. Karena 2 < 8, kita perlu meminjam 1 puluhan dari angka puluhan 4 (menjadi 3).
    • 1 puluhan yang dipinjam setara dengan 10 satuan. Jadi, 2 menjadi 12.
    • Kurangkan angka satuan: 12 – 8 = 4
    • Kurangkan angka puluhan: 3 – 1 = 2

    Jadi, 42 – 18 = 24

  • Contoh Soal 2:

    61 – 25 = …

    Pembahasan:

    • Angka satuan pada 61 adalah 1, dan angka satuan pada 25 adalah 5. Karena 1 < 5, kita perlu meminjam 1 puluhan dari angka puluhan 6 (menjadi 5).
    • 1 puluhan yang dipinjam setara dengan 10 satuan. Jadi, 1 menjadi 11.
    • Kurangkan angka satuan: 11 – 5 = 6
    • Kurangkan angka puluhan: 5 – 2 = 3

    Jadi, 61 – 25 = 36

  • Contoh Soal 3:

    83 – 57 = …

    Pembahasan:

    • Angka satuan pada 83 adalah 3, dan angka satuan pada 57 adalah 7. Karena 3 < 7, kita perlu meminjam 1 puluhan dari angka puluhan 8 (menjadi 7).
    • 1 puluhan yang dipinjam setara dengan 10 satuan. Jadi, 3 menjadi 13.
    • Kurangkan angka satuan: 13 – 7 = 6
    • Kurangkan angka puluhan: 7 – 5 = 2

    Jadi, 83 – 57 = 26

III. Pengurangan Bilangan Tiga Angka Tanpa Meminjam

Prinsipnya sama dengan pengurangan dua angka, hanya saja kita menambahkan kolom ratusan.

  • Contoh Soal 1:

    458 – 123 = …

    Pembahasan:

    • Kurangkan angka satuan: 8 – 3 = 5
    • Kurangkan angka puluhan: 5 – 2 = 3
    • Kurangkan angka ratusan: 4 – 1 = 3

    Jadi, 458 – 123 = 335

  • Contoh Soal 2:

    789 – 351 = …

    Pembahasan:

    • Kurangkan angka satuan: 9 – 1 = 8
    • Kurangkan angka puluhan: 8 – 5 = 3
    • Kurangkan angka ratusan: 7 – 3 = 4

    Jadi, 789 – 351 = 438

IV. Pengurangan Bilangan Tiga Angka dengan Meminjam

Pengurangan dengan meminjam pada bilangan tiga angka dapat terjadi pada kolom satuan, puluhan, atau keduanya.

  • Contoh Soal 1: (Meminjam dari puluhan)

    524 – 117 = …

    Pembahasan:

    • Angka satuan pada 524 adalah 4, dan angka satuan pada 117 adalah 7. Karena 4 < 7, kita perlu meminjam 1 puluhan dari angka puluhan 2 (menjadi 1).
    • 1 puluhan yang dipinjam setara dengan 10 satuan. Jadi, 4 menjadi 14.
    • Kurangkan angka satuan: 14 – 7 = 7
    • Kurangkan angka puluhan: 1 – 1 = 0
    • Kurangkan angka ratusan: 5 – 1 = 4

    Jadi, 524 – 117 = 407

  • Contoh Soal 2: (Meminjam dari ratusan)

    603 – 241 = …

    Pembahasan:

    • Angka satuan pada 603 adalah 3, dan angka satuan pada 241 adalah 1. 3 > 1, jadi tidak perlu meminjam di satuan
    • Angka puluhan pada 603 adalah 0, dan angka puluhan pada 241 adalah 4. Karena 0 < 4, kita perlu meminjam 1 ratusan dari angka ratusan 6 (menjadi 5).
    • 1 ratusan yang dipinjam setara dengan 10 puluhan. Jadi, 0 menjadi 10.
    • Kurangkan angka satuan: 3 – 1 = 2
    • Kurangkan angka puluhan: 10 – 4 = 6
    • Kurangkan angka ratusan: 5 – 2 = 3

    Jadi, 603 – 241 = 362

  • Contoh Soal 3: (Meminjam dari ratusan dan puluhan)

    723 – 458 = …

    Pembahasan:

    • Angka satuan pada 723 adalah 3, dan angka satuan pada 458 adalah 8. Karena 3 < 8, kita perlu meminjam 1 puluhan dari angka puluhan 2 (menjadi 1).
    • 1 puluhan yang dipinjam setara dengan 10 satuan. Jadi, 3 menjadi 13.
    • Kurangkan angka satuan: 13 – 8 = 5
    • Angka puluhan sekarang adalah 1, dan angka puluhan pada 458 adalah 5. Karena 1 < 5, kita perlu meminjam 1 ratusan dari angka ratusan 7 (menjadi 6).
    • 1 ratusan yang dipinjam setara dengan 10 puluhan. Jadi, 1 menjadi 11.
    • Kurangkan angka puluhan: 11 – 5 = 6
    • Kurangkan angka ratusan: 6 – 4 = 2

    Jadi, 723 – 458 = 265

V. Soal Cerita Pengurangan

Soal cerita membantu siswa mengaplikasikan konsep pengurangan dalam situasi nyata.

  • Contoh Soal 1:

    Ibu membeli 55 buah apel. Kemudian, Ibu memberikan 23 apel kepada tetangga. Berapa banyak apel yang tersisa?

    Pembahasan:

    • Ini adalah soal pengurangan. Kita perlu mencari selisih antara jumlah apel awal dan jumlah apel yang diberikan.
    • 55 – 23 = 32

    Jadi, apel yang tersisa adalah 32 buah.

  • Contoh Soal 2:

    Di dalam kelas ada 36 siswa. Hari ini, 4 siswa tidak masuk sekolah karena sakit. Berapa banyak siswa yang hadir di kelas?

    Pembahasan:

    • Ini adalah soal pengurangan. Kita perlu mencari selisih antara jumlah siswa total dan jumlah siswa yang tidak hadir.
    • 36 – 4 = 32

    Jadi, siswa yang hadir di kelas adalah 32 orang.

  • Contoh Soal 3:

    Ayah memetik 125 buah mangga di kebun. Ayah menjual 87 buah mangga di pasar. Berapa banyak mangga yang tersisa?

    Pembahasan:

    • Ini adalah soal pengurangan. Kita perlu mencari selisih antara jumlah mangga yang dipetik dan jumlah mangga yang dijual.
    • 125 – 87 = 38

    Jadi, mangga yang tersisa adalah 38 buah.

Kesimpulan

Memahami konsep pengurangan, baik dengan atau tanpa meminjam, sangat penting bagi siswa kelas 3 SD. Melalui latihan soal-soal di atas, siswa diharapkan dapat menguasai teknik pengurangan dengan lebih baik dan mampu menyelesaikan berbagai jenis soal pengurangan, termasuk soal cerita. Penting untuk selalu menekankan pemahaman konsep dasar dan memberikan latihan yang bervariasi agar siswa semakin percaya diri dalam menghadapi soal-soal matematika.

admin
https://stainurulfalah.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *