Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1 K13

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1 K13

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1 K13

Pendahuluan

Kurikulum 2013 (K13) menekankan pada pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Hal ini tercermin dalam soal-soal Bahasa Inggris yang tidak hanya menguji kemampuan tata bahasa (grammar) dan kosakata (vocabulary), tetapi juga kemampuan siswa dalam memahami teks, menganalisis informasi, dan mengaplikasikan pengetahuan dalam konteks nyata. Artikel ini menyediakan contoh soal Bahasa Inggris kelas 8 semester 1 K13 yang mencakup berbagai aspek pembelajaran, disertai penjelasan singkat untuk membantu siswa memahami konsep yang diuji.

I. Greeting and Leave-Taking (Sapaan dan Pamitan)

Contoh Soal Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1 K13

  • Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu menggunakan ungkapan sapaan dan pamitan yang tepat dalam berbagai situasi formal dan informal.

  • Contoh Soal:

    1. Situation: You meet your teacher in the morning. What would you say?
      a. Good night, Sir/Madam.
      b. Good afternoon, Sir/Madam.
      c. Good morning, Sir/Madam.
      d. See you later, Sir/Madam.

      Jawaban: c. Good morning, Sir/Madam.
      Penjelasan: "Good morning" adalah sapaan yang tepat digunakan pada pagi hari.

    2. Situation: You are leaving a friend’s house in the evening. What would you say?
      a. Hello.
      b. Goodbye.
      c. Good morning.
      d. How are you?

      Jawaban: b. Goodbye.
      Penjelasan: "Goodbye" adalah ungkapan pamitan yang umum digunakan.

    3. Complete the dialogue:
      A: "___, Maya. How are you?"
      B: "I’m fine, thank you. And you?"
      a. Good night
      b. Good evening
      c. Good morning
      d. Hello

      Jawaban: d. Hello
      Penjelasan: "Hello" adalah sapaan umum yang bisa digunakan kapan saja.

II. Introducing Oneself and Others (Memperkenalkan Diri dan Orang Lain)

  • Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu memperkenalkan diri dan orang lain dengan menggunakan informasi yang relevan dan bahasa yang sopan.

  • Contoh Soal:

    1. Choose the best sentence to introduce yourself:
      a. I am go to school.
      b. My name is Andi. I am a student.
      c. He is my friend.
      d. She is a teacher.

      Jawaban: b. My name is Andi. I am a student.
      Penjelasan: Kalimat ini memberikan informasi tentang nama dan identitas diri.

    2. Complete the dialogue:
      A: "Rina, this is my friend, Budi."
      B: "___, Budi. Nice to meet you."
      a. Goodbye
      b. Hello
      c. How are you?
      d. I am fine

      Jawaban: b. Hello
      Penjelasan: "Hello" adalah sapaan yang sopan saat bertemu seseorang.

    3. Rearrange the words to form a correct sentence:
      is – my – Her – sister – name – Ani
      a. Her name is Ani my sister.
      b. My sister her name is Ani.
      c. Her sister is my name Ani.
      d. Her name is Ani my sister.

      Jawaban: d. Her name is Ani my sister.
      Penjelasan: Susunan yang benar adalah "Her name is Ani, my sister."

III. Describing People, Animals, and Things (Mendeskripsikan Orang, Hewan, dan Benda)

  • Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu menggunakan kata sifat (adjectives) untuk mendeskripsikan orang, hewan, dan benda dengan detail dan akurat.

  • Contoh Soal:

    1. Choose the correct adjective to describe an elephant:
      a. Small
      b. Big
      c. Thin
      d. Short

      Jawaban: b. Big
      Penjelasan: Gajah dikenal sebagai hewan yang besar.

    2. Complete the sentence: "My cat is __. It loves to play."
      a. Sad
      b. Happy
      c. Angry
      d. Tired

      Jawaban: b. Happy
      Penjelasan: Kucing yang suka bermain biasanya bahagia.

    3. Describe this object: (Gambar sebuah buku tebal)
      The book is…
      a. Thin and old.
      b. Thick and new.
      c. Small and light.
      d. Big and heavy.

      Jawaban: b. Thick and new.
      Penjelasan: Sesuai dengan gambar buku tebal dan baru.

IV. Asking for and Giving Information (Meminta dan Memberikan Informasi)

  • Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban yang relevan dan jelas dalam berbagai situasi.

  • Contoh Soal:

    1. What is the correct question to ask about someone’s age?
      a. What is your name?
      b. Where do you live?
      c. How old are you?
      d. What do you do?

      Jawaban: c. How old are you?
      Penjelasan: "How old are you?" adalah pertanyaan yang digunakan untuk menanyakan usia.

    2. A: "___ is your favorite color?"
      B: "My favorite color is blue."
      a. Who
      b. Where
      c. When
      d. What

      Jawaban: d. What
      Penjelasan: "What" digunakan untuk menanyakan tentang sesuatu.

    3. Formulate a question based on the answer: "I live in Jakarta."
      a. Do you live in Jakarta?
      b. Where do you live?
      c. When do you live in Jakarta?
      d. Why do you live in Jakarta?

      Jawaban: b. Where do you live?
      Penjelasan: Pertanyaan "Where do you live?" menanyakan tentang tempat tinggal.

V. Expressing Likes and Dislikes (Menyatakan Suka dan Tidak Suka)

  • Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu menggunakan ungkapan untuk menyatakan suka dan tidak suka terhadap sesuatu, serta memberikan alasan yang sederhana.

  • Contoh Soal:

    1. Choose the sentence that expresses a dislike:
      a. I love chocolate.
      b. I enjoy playing football.
      c. I hate spiders.
      d. I like watching movies.

      Jawaban: c. I hate spiders.
      Penjelasan: "Hate" berarti sangat tidak suka.

    2. Complete the sentence: "I __ reading books because they are interesting."
      a. Dislike
      b. Hate
      c. Enjoy
      d. Don’t like

      Jawaban: c. Enjoy
      Penjelasan: "Enjoy" berarti menikmati atau menyukai.

    3. A: "Do you like watching horror movies?"
      B: "No, I __ horror movies."
      a. Like
      b. Enjoy
      c. Love
      d. Dislike

      Jawaban: d. Dislike
      Penjelasan: Karena jawaban "No", maka ungkapan yang tepat adalah "Dislike"

VI. Simple Present Tense

  • Tujuan Pembelajaran: Siswa memahami dan mampu menggunakan Simple Present Tense untuk menyatakan kebiasaan, fakta umum, dan jadwal.

  • Contoh Soal:

    1. Choose the correct form of the verb: "She __ (go) to school every day."
      a. Go
      b. Goes
      c. Went
      d. Going

      Jawaban: b. Goes
      Penjelasan: Subjek "She" menggunakan bentuk verb "goes" dalam Simple Present Tense.

    2. Complete the sentence: "They __ (play) football on Sundays."
      a. Plays
      b. Played
      c. Play
      d. Playing

      Jawaban: c. Play
      Penjelasan: Subjek "They" menggunakan bentuk verb dasar "play" dalam Simple Present Tense.

    3. Form a correct sentence using Simple Present Tense:
      (He / always / study / English)
      a. He always studying English.
      b. He is always study English.
      c. He always studies English.
      d. He studies always English.

      Jawaban: c. He always studies English.
      Penjelasan: Adverb of frequency (always) berada sebelum verb utama (studies).

VII. Reading Comprehension (Pemahaman Membaca)

  • Tujuan Pembelajaran: Siswa mampu memahami teks pendek, mengidentifikasi informasi penting, dan menjawab pertanyaan berdasarkan teks.

  • Contoh Soal:

    Text:
    Hello, my name is Lisa. I am thirteen years old. I live in Bandung with my family. I have a younger brother named Tom. He is ten years old. We both go to the same school. I like reading books and Tom likes playing football. We usually spend our weekends together, either going to the park or watching movies at home.

    1. How old is Lisa?
      a. Ten years old
      b. Thirteen years old
      c. Twelve years old
      d. Fourteen years old

      Jawaban: b. Thirteen years old
      Penjelasan: Informasi ini terdapat langsung dalam teks.

    2. What does Tom like to do?
      a. Reading books
      b. Playing football
      c. Watching movies
      d. Going to the park

      Jawaban: b. Playing football
      Penjelasan: Informasi ini terdapat langsung dalam teks.

    3. Where do Lisa and Tom usually spend their weekends?
      a. At school
      b. At the library
      c. At the park or at home
      d. At the football field

      Jawaban: c. At the park or at home
      Penjelasan: Informasi ini terdapat langsung dalam teks.

Kesimpulan

Contoh soal di atas mencakup beberapa materi penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris kelas 8 semester 1 K13. Penting bagi siswa untuk memahami konsep dasar dan berlatih secara teratur agar dapat menguasai materi dengan baik. Selain mengerjakan soal-soal latihan, siswa juga perlu aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas, seperti berdiskusi, presentasi, dan bermain peran. Dengan persiapan yang matang, siswa akan lebih percaya diri dalam menghadapi ujian dan mencapai hasil yang memuaskan.

admin
https://stainurulfalah.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *